BKKMTKI dan Peranan Mahasiswa Teknik Kimia dalam Kemandirian Indonesia


            Sebagai sebuah lembaga yang menaungi keluarga mahasiswa teknik kimia di seluruh Indonesia, Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia, atau yang lebih kita kenal dengan nama BKKMTKI, memiliki posisi yang sangat strategis dalam memberikan informasi maupun melakukan komunikasi kepada para mahasiswa teknik kimia di seluruh Indonesia. Dua dari tiga ide yang muncul dari para mahasiswa teknik kimia Indonesia dan mendasari berdirinya BKKMTKI, yaitu untuk meningkatkan mutu mahasiswa teknik kimia (baik dari segi akademis maupun sumber daya manusia) dan menjadi wadah komunikasi serta informasi bagi mahasiswa teknik kimia, adalah sebuah pemikiran luar biasa sebagai cita-cita bagi mahasiswa teknik kimia di seluruh Indonesia. Lalu, bagaimanakah peranan BKKMTKI terhadap mahasiswa teknik kimia di Indonesia? 

        Peranan BKKMTKI bagi para mahasiswa teknik kimia Indonesia cukup besar, terutama dalam peningkatan mutu pendidikan dan pengalaman di bidang keorganisasian (yang jarang didapatkan dalam pendidikan formal di perkuliahan). Sebagai sebuah organisasi berskala nasional dan menaungi hampir seluruh himpunan mahasiswa teknik kimia di seluruh Indonesia, BKKMTKI adalah sebuah wadah yang tepat bagi mereka yang ingin berkarya, belajar mengembangkan diri, serta menambah pengetahuan dan memperluas jaringan pertemanan. Khususnya dalam berorganisasi, di sini kita bisa belajar bagaimana bersosialisasi dan berkomunikasi dengan para mahasiswa teknik kimia dengan berbagai macam karakter dan berasal dari berbagai macam daerah serta dengan latar belakang yang berbeda-beda. Akan tetapi, perbedaan tersebut tidaklah dijadikan sebagai alasan perpecahan, melainkan warna dalam sebuah keselarasan dan kesatuan. 

         Dalam berorganisasi, kita bisa mempelajari banyak hal. Beberapa diantaranya yaitu bersosialisasi, berkomunikasi, berdiplomasi, berpendapat, berkarya, menyampaikan ide, serta belajar mengatur diri maupun menggerakkan orang lain. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat dan memberikan pengaruh yang cukup besar bagi kita, terutama sebagai bekal dalam dunia pekerjaan. Oleh karena itu, peranan BKKMTKI terhadap mahasiswa teknik kimia Indonesia adalah sebagai salah satu sarana berorganisasi yang baik bagi para mahasiswa teknik kimia, khususnya kelak dalam dunia pekerjaan. 

        Seperti yang kita ketahui bahwa dewasa ini masyarakat kita sedang ramai memperbincangkan masalah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang tak lama lagi akan kita hadapi di akhir tahun 2015 nanti. Sebagai mahasiswa teknik kimia, kita memiliki peran yang cukup penting dalam peningkatan kemandirian Indonesia dalam rangka mempersiapkannya. Mengapa? Karena Indonesia masih membutuhkan banyak insinyur proses berkualitas yang loyal terhadap bangsanya untuk mengolah sumber daya alamnya yang makmur dengan konsep ramah lingkungan, sehingga sebagai generasi penerus dari para insinyur proses, kita dituntut untuk memiliki kemampuan yang lebih tinggi sebagai bekal untuk bersaing dengan tenaga ahli dari negara lain. Jika kita tidak bisa memenuhi kuantitas yang diperlukan dan kualitas yang dibutuhkan, hal tersebut akan memperparah kekhawatiran masyarakat Indonesia akan eksploitasi pihak asing terhadap kekayaan sumber daya Indonesia.

Pemanfaatan sumber daya alam dengan konsep ramah lingkungan untuk mengubah suatu bahan mentah menjadi produk yang bernilai ekonomis adalah tugas utama seorang insinyur proses, yaitu masa depan bagi para mahasiswa teknik kimia. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita mempersiapkan diri dalam menghadapi segala bentuk persaingan, terutama dari pihak asing, dengan peningkatan mutu sumber daya manusia yang baik dan memenuhi kuantitas yang diperlukan, demi kemandirian bangsa Indonesia, dengan BKKMTKI sebagai salah satu sarananya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi: Arunika

Puisi: Petrikor

Sejarah: Tentang Keluarga dan DI/TII