Sepaket Kecerdasan dalam Pendidikan


           Pernahkah Anda mendengar istilah IQ (kecerdasan intelektual), EQ (kecerdasan emosional), dan SQ (kecerdasan spiritual)? Tentu sudah tidak asing lagi bukan? Lalu, apa yang pertama kali muncul di benak Anda ketika mendengar istilah-istilah tersebut? Bagaimana hubungan keterkaitan dari masing-masing kecerdasan tersebut antara satu dengan yang lainnya?
            IQ, EQ, dan SQ merupakan paket lengkap pendidikan yang ideal. Ketiganya memiliki keterkaitan yang sangat tinggi, dimana satu dengan yang lainnya saling mempengaruhi. Secara sederhana, kita dapat memahami bahwa kecerdasan spiritual sangat menentukan kesadaran seseorang akan jiwanya. Kesadaran dan penjiwaan seseorang menimbulkan adanya stabilitas emosi. Apabila seseorang telah mencapai tingkat emosi yang cukup stabil maka ia akan mendapatkan ketenangan, sehingga memudahkannya dalam meningkatkan usaha untuk mencapai kecerdasan intelektual yang jauh lebih baik.
            Selain hubungan di atas, ketiga kecerdasan tersebut juga memiliki peranan lain. Misalnya, kecerdasan intelektual yang tak akan berjalan dengan baik tanpa diimbangi dengan kecerdasan emosional. Adapun keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan emosional tersebut dikendalikan oleh kecerdasan spiritualnya. Sehingga ketiganya berjalan bersama, beringingan, dan saling berkaitan.
            Lalu, bagaimana aplikasi dari ketiga kecerdasan tersebut dalam kehidupan nyata?
            Tak sedikit kejadian yang menjadi contoh dari kegagalan akibat perpaduan ketiga kecerdasan tersebut yang kurang baik di dalam kehidupan sehari-hari. Adapun contoh kegagalan yang diakibatkan oleh perpaduan tidak sempurna dari ketiga kecerdasan tersebut misalnya korupsi. Kita tahu bahwa orang-orang yang terlibat korupsi rata-rata adalah orang-orang pintar. Akan tetapi, pengelolaan emosi maupun pengendalian diri secara spiritual yang masih kurang menyebabkan mereka berbuat demikian. Hal ini membuktikan bahwa keseimbangan antara intelektual dan emosional yang terkendali itu sangat penting guna menjadikan seseorang berkepribadian luhur dan bijaksana. Oleh karena itu, tentu kita memerlukan pendidikan yang dapat memadukan ketiga kecerdasan tersebut.
            Darimana kita bisa melihat contoh nyata dari pendidikan yang mengaplikasikan ketiga kecerdasan IQ, EQ, dan SQ sekaligus?
            Kita bisa melihat contoh nyata dari pendidikan yang memadukan ketiga kecerdasan tersebut, salah satunya pada sistem pendidikan yang berlaku di boarding school. Sistem yang berlaku di sekolah tersebut merupakan contoh nyata dari perpaduan ketiga kecerdasan, dimana siswa yang belajar formal di sekolah (IQ), berinteraksi dengan teman-temannya dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya (EQ), serta mengisi kekosongan jiwa dengan beribadah (SQ) guna mencapai ketenangan.
            Oleh karena itu, dapat kita simpulkan bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang dapat memadukan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional maupun kecerdasan spiritual guna menghasilkan manusia-manusia yang berkualitas.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi: Arunika

Puisi: Petrikor

Sejarah: Tentang Keluarga dan DI/TII