Sistem Pendidikan Indonesia Berbasis Pancasila


            Bangsa Indonesia yang berideologikan Pancasila merupakan negara majemuk yang memiliki wilayah yang begitu luas. Keanekaragaman dari setiap daerah itulah yang memunculkan berbagai macam karakter bangsa hingga menjadi dasar akan lahirnya Pancasila. Pancasila merupakan ideologi yang berisikan karakter bangsa Indonesia. Butir-butir Pancasila mencakup banyak hal yang menjadi landasan ideal sekaligus pandangan hidup bangsa Indonesia.
            Sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, Pancasila mencakup di dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Sistem pendidikan yang berasaskan Pancasila tentunya akan membentuk karakter yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pendidikan berbasis Pancasila sangat dipentingkan guna menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Lalu bagaimanakah sistem pendidikan yang berasaskan Pancasila itu?
            Sistem pendidikan berbasis Pancasila adalah sistem pendidikan yang melaksanakan pendidikan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Adapun nilai-nilai tersebut harus mencakup seluruh butir-butir Pancasila, yaitu :
1.      Ketuhanan Yang Maha Esa
2.      Kemanusiaan yang adil dan beradab
3.      Persatuan Indonesia
4.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5.      Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
            Apabila butir-butir tersebut dapat terealisasikan dengan baik, maka bangsa Indonesia sudah barang tentu dapat mencapai tujuan bangsa yang selama ini dicita-citakan. Nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila merupakan cita-cita bangsa hasil perumusan yang begitu matang dan bersifat final. Oleh karena itu, kita tidak perlu meragukan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
            Pendidikan yang melaksanakan butir-butir Pancasila ini merupakan salah satu upaya untuk memajukan dan membangkitkan bangsa Indonesia dari keterpurukan. Selain itu, dengan sistem pendidikan berbasis Pancasila berarti kita telah berusaha mengembalikan pandangan hidup bangsa Indonesia kepada Pancasila yang saat ini semakin terlupakan. Menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila melalui sistem pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk kemajuan bangsa. Maka dari itu, dengan memberlakukan sistem pendidikan berbasis Pancasila berarti kita telah berusaha untuk mengembalikan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan mencapai cita-cita bangsa. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi: Arunika

Puisi: Petrikor

Sejarah: Tentang Keluarga dan DI/TII