Motivator Terbaik

Motivator terbaik adalah diri Anda sendiri ialah kalimat yang tepat untuk pembahasan kali ini.

Mengapa saya mengatakan demikian? Coba perhatikan diri Anda! Coba Anda ulas tentang kehidupan Anda dalam kondisi-kondisi tertentu yang amat berarti dalam kehidupan Anda! Hal tersebut terutama yang berkaitan dengan perubahan yang Anda lakukan terhadap kehidupan Anda.

Ketika Anda berada pada kondisi yang kurang baik (misalnya saja pada pelajar yang sedang mendapatkan nilai ulangan yang kurang memuaskan dan nilai tersebut tidak mencapai KKM, sehingga menyebabkan ia harus mengulang mata pelajarannya atau di remedial), muncul rasa kekecewaan ketika apa yang didapatkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun yang menjadi sebuah pertanyaan besar ialah tindakan apa yang Anda lakukan setelah mendapatkan kekecewaan tersebut?

Pada tahap inilah, tingkat kesadaran seseorang amat berpengaruh kepada dirinya. Kesadaran? Mengapa penting?

Kesadaran adalah komponen penting dalam diri seseorang yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap dirinya. 

Kesadaran amat penting dimiliki oleh seseorang sebagai salah satu gerbang untuk mengenali dirinya, mengetahui kelebihan dan kekurangannya, mengetahui dimana letak kesalahan ketika ia melakukan kesalahan itu, dan yang paling penting adalah mengakui kesalahan/kekurangan yang telah dilakukan (mungkin lebih mirip dengan introspeksi). 

Ketika orang lain menilai kita, terkadang kita sendiri tidak mau menerima pendapat/kritikan mereka dengan alasan bahwa apa yang telah kita lakukan itu sepenuhnya benar. Jika kita menyadari bahwa apa yang dikatakan oleh orang tersebut benar, maka barulah muncul perasaan dan pernyataan bahwa diri kita mengakui dan menyetujuinya. Hanya saja, banyak dari kita yang cenderung merasa malu untuk mengakui kesalahan/kekurangan yang telah dilakukan. Padahal disanalah kita harus menyadari kekurangan kita (sebagai salah satu fithrahnya manusia). indakan apa yang akan kita lakukan selanjutnya.

Apabila kita telah mampu menyadari kekurangan/kesalahan kita, langkah selanjutnya ialah tindakan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Nah, pada tahap inilah motivasi sangat berperan penting. Ketika seseorang telah menyadari sesuatu, motivasi amat dibutuhkan agar orang tersebut bisa melakukan suatu perubahan untuk dirinya sendiri. Banyak orang yang membutuhkan orang lain sebagai motivatornya. padahal sesungguhnya, motivator terbaik ada di dalam dirinya sendiri. Mengapa?

Kesadaran adalah awal bagi seseorang untuk menemukan motivasi yang sesungguhnya, yaitu dari dalam dirinya. Seperti pada pembahasan sebelumnya yang sedikit mengupas tentang LoA, maka kali ini kita akan membahas tentang unsur apa yang terkandung di dalam tubuh manusia. Mungkin Anda akan berpikir, apa hubungan antara motivasi dengan unsur yang terdapat di dalam tubuh kita?

Pernahkah Anda mendengar nama Dr. Masaru Emoto, seorang peneliti dari Jepang yang keliling dunia untuk melakukan penelitian tentang air? (Kalo belum, cari infonya yah!) 
Berdasarkan hasil penelitiannya, air amat merespon apapun yang kita katakan. Ingatkah Anda bahwa tubuh kita 70% terdiri dari air? (Lalu apa hubungannya?)

Air sangat merespon apapun yang kita katakan

Berarti, diri kita pun amat dipengaruhi oleh apa yang dikatakan kepada diri kita. Jika kita senantiasa memotivasi diri, maka air yang berada di dalam tubuh kita akan merespon apa yang kita katakan. Sederhananya, jika kita berkata yang baik untuk kita, berfikiran positif untuk diri sendiri, maka kita akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jika kita hendak melakukan perubahan kepada hidup Anda, maka berikanlah motivasi kepada diri sendiri bahwa Anda bisa melakukannya. Yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa merubah hidup Anda.

Jadi, ketika Anda memiliki kesadaran di dalam diri kemudian Anda memotivasi diri untuk merubah hidup Anda, maka tubuh Anda akan merespon apa yang Anda katakan. Sehingga perilaku Anda pun akan senantiasa seperti apa yang Anda katakan untuk mencapai tujuan/keinginan Anda. 

Jadilah motivator terbaik untuk diri Anda, karena motivator terbaik adalah diri Anda sendiri. Mencapai kesuksesan, meraih impian, mendapatkan keinginan, dan membentuk pribadi yang positif. Maka kesadaran, keyakinan, serta doa adalah kunci bagi Anda untuk mendapatkan segalanya.





Komentar

  1. mantap sob..

    aku tunggu kunjungannya drumahku
    http://memberi-dan-berbagi.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, alhamdulillah

      oke oke, nanti saya mampir ^_^

      Hapus
  2. Balasan
    1. semoga bermanfaat

      mungkin bisa di share juga ke teman-teman yg lainnya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi: Arunika

Puisi: Petrikor

Sejarah: Tentang Keluarga dan DI/TII